PEGEMBANGAN UMKM BATOK KELAPA DI DUSUN SANTAN GUWOSARI MELALUI PEMASARAN DIGITAL MARKETING

 

Gambar Survei pertama batok kelapa chumplung adji

 

Santan,Jum,at (22/07/2022)  Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata, nunung ismawati dan Ika Amalia Novita  melaksanakan program Pengembangan UMKM batok kelapa di dusun santan milik bapak nur taudiq dengan Pemasaran digital marketing secara lebih luas Lebih . Kegiatan ini dikhususkan untuk pelaku UMKM batok kelapa di dusun santan  dan bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan produk secara digital  melalui media sosial.

Program tersebut merupakan implementasi dari program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) yang sedang dilaksanakan. Mahasiswa tergabung dari Kelompok 10 santan guwosari Universitas Alma Ata periode 2021/2022 yang dilaksanakan sekitar waktu dari 28 Juni-28 Juli 2022.

Seperti yang kita tau dusun santan terkenal dengan batok kelapa,banyak pelaku umkm yang menjalankan bisnis batok kelapa di dusun santan salah satunya bapak Nur Taufiq.UMKM batok kelapa milik bapak nur taufiq ini sudah sejak lama mempunyai usaha batok kelapa ini beliau mendirikan usahanya ini sejak beliau tamat SMA dari tahun 1991 lalu beliau mengibarkan benderah yang namanya chemplung adji dan kalo dihitung usaha milik pak nur taufiq ini udah berjalan selama 30 tahun berjalan.

Tempurung kelapa merupakan hasil limpah padat dari hasil olahan kelapa,tempurung kelapa pada umumnya digunakan untuk bahan bakar,keperluan rumah tangga atau souvenir.bapak nur taufiq memilih menjadi usaha kerajinan tempurung alasanya karna batok kelapa mudah di dapat beliau juga punya alasan tertentu memilih usaha kerajinan ini dikarenakan dulu para warga di dusun santan banyak mengkonsumsi kelapa setiap masakanya jadi bapak nur taufiq mempunyai ide bagaimana cara agar sisa tempurung kelapa ini memiliki nilai kerajinan yang mahal dan juga bisa membantu perekonomian warga dusun santa, jadi saat itulah bapak nur taufiq memilih memanfaatkan benda bekas seperti tempurung atau dikenal luas (Batok Kelapa) menjadi barang yang bernilai tinggi dan munculnya kreativitas dari kepekaan terhadap lingkungan.

Gambar Survei ke 2 batok kelapa
    


Tujuan dari program UMKM kelompok 10 Universitas alma ata ini untuk memasarkan usaha milik bapak Nur taufiq,yaitu tempurung kelapa atau di sebut luas batok kelapa ingin memasarkan lewat pemasaran digital atau media sosial seperti Facebook,Instagram dan Youtube,supaya usaha batok kelapa bapak nur taufik bisa di kenal luas oleh masyarakat indonesia sampai ke luar negri.

#harapan saya kedepanya semoga usaha tempurung kelapa saya ini bisa menjadi sebuah motivasi anak-anak muda yang generasi kedepanya karna usaha ini mampu membangkitkan ekonomi buktinya sudah di depan mata yaitu saya dana saya berharap semoga cita-cita saya membangun rumah batok kelapa nanti tercapai amin dan saya ingin mempekerjakan orang-orang banyak nanti supaya membantu perekonomianya #ujar bapak Nur Taufiq pelaku umkm batok kelapa#

Adanya perubahan ke arah digital memberikan kemudaha bagi masyarakat untuk dapat menjual dan memasarkan produknya secara online dengan digital marketing.





Komentar