PEGEMBANGAN UMKM BATOK KELAPA DI DUSUN SANTAN GUWOSARI MELALUI PEMASARAN DIGITAL MARKETING
Gambar Survei pertama batok kelapa chumplung adji |
Program tersebut merupakan implementasi dari program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) yang sedang dilaksanakan. Mahasiswa tergabung dari Kelompok 10 santan guwosari Universitas Alma Ata periode 2021/2022 yang dilaksanakan sekitar waktu dari 28 Juni-28 Juli 2022.
Seperti yang kita tau dusun santan terkenal dengan batok kelapa,banyak pelaku umkm yang menjalankan bisnis batok kelapa di dusun santan salah satunya bapak Nur Taufiq.UMKM batok kelapa milik bapak nur taufiq ini sudah sejak lama mempunyai usaha batok kelapa ini beliau mendirikan usahanya ini sejak beliau tamat SMA dari tahun 1991 lalu beliau mengibarkan benderah yang namanya chemplung adji dan kalo dihitung usaha milik pak nur taufiq ini udah berjalan selama 30 tahun berjalan.
Tempurung kelapa merupakan hasil limpah padat dari hasil olahan kelapa,tempurung kelapa pada umumnya digunakan untuk bahan bakar,keperluan rumah tangga atau souvenir.bapak nur taufiq memilih menjadi usaha kerajinan tempurung alasanya karna batok kelapa mudah di dapat beliau juga punya alasan tertentu memilih usaha kerajinan ini dikarenakan dulu para warga di dusun santan banyak mengkonsumsi kelapa setiap masakanya jadi bapak nur taufiq mempunyai ide bagaimana cara agar sisa tempurung kelapa ini memiliki nilai kerajinan yang mahal dan juga bisa membantu perekonomian warga dusun santa, jadi saat itulah bapak nur taufiq memilih memanfaatkan benda bekas seperti tempurung atau dikenal luas (Batok Kelapa) menjadi barang yang bernilai tinggi dan munculnya kreativitas dari kepekaan terhadap lingkungan.
Gambar Survei ke 2 batok kelapa |
Komentar
Posting Komentar